Nama Dosen : DRA BETA OKI BALIARTATI . MM
Naama : I GEDE ANGGRIAWAN
NIM : 022131131
RINGKASAN BAB 2
Lingkungan Saat Ini untuk Etika
Bisnis dan Isu-Isu Sosial yang Terkait
A.
Kekhawatiran
Akan Permasalahan Isu Etika dan Sosial
Etika bisnis (business ethics) merupakan
standar-standar pelaksanaan dan nilai-nilai moral yang melibatkan tindakan
benar atau salah yang timbul di lingkungan kerja.
B.
Lingkungan
Etis Kontemporer
Banyak
perusahaan mengadopsi tiga pendekatan terhadap etika dan tanggung jawab sosial:
1.
Berpartisipasi
dalam filantropi korporasi tradisional
2.
Mengantisipasi
dan mangambil risikp
3.
Mengidentifikasi
peluang untuk menciptakan nilai dengan melakukan hal yang benar.
C.
Individu
Membuat Perubahan
D.
Perkembangan
Etika Individu
Individu
biasanya mengembangkan standar etika dalam tga tahap, yaitu tahap prakonvensional,
konvensional, pascakonvensional.
E.
Dilema
Etika dalam
·
Konflik
kepentingan (conflict of interest)
adalah situasi dimana seorang karyawan harus memilih antara kebaikan perusahaan
atau kepentingan pribadi.
·
Cara
etis untuk mengahadapi konflik kepentingan yaitu menghindari konflik
kepentingan dan membeberkanya.
·
Tantangan
etika bisnis yang umum yaitu konflik kepentingan, loyalitas versus kebenaran,
kejujuran dan integritas, dan whistle-blowing.
·
Whistle-blowing adalah cara
karyawn mengungkap praktik-praktik yang melanggar hukum, tidak bermoral, atau
tidak etis kepada petinggi perusahaan, pejabat pemerintah, atau media massa.
F.
Bagaimana
Perusahaan Membentuk Kode Etik
·
Lingkungan
beretika dibagi menjadi empat, yaitu kesadaran beretika, pendidikan etka,
tindakan beretika, dan kepemimpinan beretika.
·
Pedoman
perilaku (code of conduct) adalah
pernyataan yang yang menjelaskan bagaimana perusahaan mengharapkan keryawan
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan etika.
·
Pemangku
kepentingan (stakeholder) adalah
pelangggan, investor, karyawan, dan masyarakat yang terkena dampak kepentingan
dalam sebuah perusahaan.
G.
Bertindak Secara Bertanggung Jawab untuk Masyarakat
·
Tanggung
jawab sosial (social responsibility)
adalah pertimbangan perusahaan akan kesejahteraan masyarakat dan kepuasan
komsumen merupakan tujuan tambahan selain profit.
·
Tanggung
jawab sosial perusahaan meliputi:
1.
Tanggung
jawab terhadap masyarakat
Ø Daur ulang
adalah memproses kembali bahan bekas untuk digunakan kembali.
Ø Filantropi
korporat (corporate philanthropy)
adalah aktivitas perusahaan yang berkontribusi bagi komunitas yang memberikan
profit bagi perusahaan tersebut.
2.
Tanggung
jawab terhadap pelanggan
Ø Konsumerisme (consumerism) adalah permintaan dan
kebutuhan publik yang menjadi pertimbangan
perusahaan dalam membuat keputusan.
Ø Hak konsumen
yang diajukan oleh presiden Kennedy, yaitu hak untuk merasa aman, hak diberi
informasi, hak untuk memilih, dan hak untuk didengarkan.
3.
Tanggung
jawab terhadap karyawan
Ø Badan
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (The
Occupational Safety and Health Administration-OSHA) adalah badan pengatur
federal utama dalam menetukan standar keselamatan dan kesehatan tempat kerja.
Ø Deskriminasi (descrimination) adalah perlakuan yang condong
terhadap calon karyawan atau karyawan.
Ø Pelecehan
sesksual merupakan tindakan yang tidak menyenangkan secara seksual di tempa
kerja.
4.
Tanggung
jawab terhadap investor dan masyarakat finansial
Ø Regulasi FD (“Fair Disclosure”) adalah aturan SEC
yang mewajibkan perusahaan yang diperdagangkan secara publik memberikan
informasi utama kepada masyarakat umum, bukanya memberikan informasi kepada
investor tertentu terlebih dahulu.
Ø Keputusan dan
tindakan pelaku bisnis sering kali dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti
lingkungan hukum dan ekspektasi masyarakat terhadap tanggung jawab perusahaan.
ini uda full bab 2 kak?
BalasHapus